REVIEW JURUSAN KEPABEANAN DAN CUKAI PKN-STAN


Setelah sebelumnya saya memposting Review Jurusan Akuntansi, pada kesempatan ini saya akan mereview kembali jurusan lain yaps jurusan Kepabeanan dan Cukai. Pasti dari adek-adek semua masih banyak yang belum tau kan? Seperti apasih sebenarnya jurusan ini?... hehe yuuk monggo disimak.
PROGRAM STUDI
Program studi yang tersedia adalah DI dan DIII, untuk DI dilaksanakan di Kampus PKN-STAN Bintaro, sementara yang saya tau DIII dilaksankan di Pusdiklat Bea dan Cukai Rawamangun, tapi menurut kabar  yang beredar DIII juga akan ditarik dan dipusatkan di Kampus Bintaro juga, sehingga nantinya begabung dengan jurusan jurusan lainnya.

PERSYARATAN
Nah ini yang membedakan jurusan bea dan cukai dengan jurusan lainnya yaitu ada persyaratan khusus, diantaranya mata minus tidak boleh melebihi tiga, tinggi 165 cm, dan untuk cewek 155 cm. Dan yang terpenting lagi untuk cewek hanya bisa di Program Diploma I saja yaa, untuk DIII hanya untuk cowoknya saja.
PENEMPATAN
Menurut data penempatan ditahun 2017, hampir 99% lulusan jurusan bea dan cukai akan ditempatkan di Kantor kantor Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) yang berada diseluruh indonesia dan sisanya di Sekjen Kemenkeu, karena memang materi yang diajarkan selama masa pendidikan berkaitan langsung dengan tugas dan fungsi DJBC diantaranya perdagangan, ekspor, impor, pengawasan, penindakan dan cukai.

MATA KULIAH
Mahasiswa jurusan Kepabeanan dan Cukai baik DI dan DIII tidak jauh berbeda, nantinya akan diajarkan mulai dari Kepabeanan yaitu pengawasan atas lalu lintas barang yang masuk atau keluar dari suatu negara (kegiatan ekspor dan impor serta ada kawasan-kawasan tertentu), kemudian materi Cukai yaitu materi tentang barang-barang yang dibatasi penggunaannya, kemudian materi Identifikasi Barang yaitu materi mengenai bagaimana cara kita untuk menidentifikasi suatu barang, materi pengawasan dan masih banyak lagi.

Gimana sudah mengerti sedikit demi sedikit kan yaa? hehe...lanjut yaa
SELAMA PENDIDIKAN
Karena tugas dan fungsi DJBC yang sangat kompleks, maka sejak masa kuliah para mahasiswanya diajarkan untuk semi militer, misalnya adanya seragam kusus yang membedakan dengan jurusan lain, ada pelatihan-pelatihan dari para senior, diajarkan jiwa korsa, dilatih baris berbaris, pelatihan fisik dan lain sebagainya. Yang intinya sebenarnya untuk membentuk jiwa dan mental mahasiswa bea dan cukai yang semakin kuat. Mungkin yang dari kecil senang dengan militer bisa  memilih jurusan ini yaa.

Oke sekian dulu yaa seputar jurusan bea dan cukai, kalau ada yang kurang jelas bisa ditanyakan di kolom komentar yaa, Terima Kasih.




No comments

Powered by Blogger.