Strategi Tes Potensi Akademik (TPA) USM PKN-STAN (Bagian II)
Oke setelah sebelumnya kakaksudah menulis Strategi Tes Potensi Akademik (TPA) USM PKN-STAN (Bagian I), kali ini kakak akan melanjutkan pembahasan soal-soal TPAnya yaa, kita mulai dari bagian pertama yaitu bagian sinonim, antonim, arti kata dan analogi, pada bagian ini kurang lebih soalnya berjumlah 25 soal, jadi lumayanlah untuk kita bisa mendulang point dari bagian ini.
TIPS WAKTU
Yang penting lagi adalah dengan mengerjakan soal-soal dibagian ini bisa sangat cepat sehingga waktu sisa bisa dialokasikan di bagian artimatik yaa. Kalau adek-adek sudah tau artinya/analoginya, maka sangat cepat untuk bisa mengerjakannya bisa saja hanya 0,5 detik persoal bahkan bisa lebih cepat lag, jadi kalian bisa mengalokasikan waktu lebih banyak untuk soal-soal selanjtunya.
TIPS SINONIM/PADANAN KATA/ANTONIM
Tidak ada cara lain untuk melatih soal ini kecuali dengan menghafalnya atau sering seringlah mengerjakan soalnya, sehingga kita kemungkinan soal tersebut keluar kita bisa menjawabnya, berikut adalah contoh soal sinonim-padanan kata kata pada USM tahun sebelum-sebelumnya:
USM 2016
|
|||||
Abnus
|
:
|
Kayu arang
|
Habung
|
:
|
Keranjang dari rotan
|
Vasal
|
:
|
Daerah taklukkan
|
Citra
|
:
|
Gambaran
|
Junta
|
:
|
Dewan pemerintahan
|
Mujarab
|
:
|
Manjur
|
Sintas
|
:
|
Terus bertahan hidup
|
|||
Internis
|
:
|
Dokter ahli penyakit dalam
|
|||
Aditama
|
:
|
Berkemampuan amat baik
|
|||
Fusi
|
:
|
||||
USM 2015
|
|||||
Tandon
|
:
|
Barang tanggungan
|
Inset
|
:
|
Peta, gambar
|
Adisi
|
:
|
Penambahan terus menerus
|
Cengkar
|
:
|
Tandus
|
Esoteris
|
:
|
Khusus
|
Menelik
|
:
|
Mengintai
|
Kabaret
|
:
|
Hiburan tanpa nyayian
|
Dimensi
|
:
|
Ukuran
|
Primordial
|
:
|
Paling dasar
|
Pustaka
|
:
|
Kitab, buku
|
Didaktik
|
:
|
Ilmu belajar efektif
|
|||
Gimana mudah kan soal-saolnya? hehe, tapi kadang sih yang keluar bahasa-bahasa sangat asing atau kalau sering disebut bahasa allien, yaa karena kadang soal yang kealuar benar-benar bahasa yang belum pernah kita dengar sama sekali, tapi jangan putus asa teteplahh belajar sak pol kemampuan kita.
Untuk tes antonim tidak jauh berbeda dengan tes sinonim, kita hanya tinggal mencari lawan kata saja, selain dengan cara menghafal cara lain adalah dengan sering melatih mengerjakan soal, dan membaca baca artikel sehingga kita teribiasa mengartikan kara.
TIPS ANALOGI
Pada bagian ini agak sedikit berbeda yaa dek, karena kita harus bisa membuat analogi/kata penghubung mengerjakannya,lagi lagi adalah dengan sering berlatih sehingga analogi analogi kita akan muncul dengan sendirinya.
Contoh USM 2016
BAYI : ANAK-ANAK : REMAJA = ...
A. anak : ayah : kakek
B. ulat : kepompong : kupu-kupu
C. malam : siang : pagi
D. besar : sedang : kecil
E. beras : nasi : lontong
Jawaban : kuncinya adalah kita harus merangkai kata yang ada pada soal, dan jawabannya adalah yang beranalogikan sama yaitu analogi perubahan, analoginya " berawal dari bayi lalu menjadi anak-anak kemudian menjadi remaja" .
jawaban yang pas untuk analogi seperti soal adalah pilihan B, "berawal dari ulat menjadi kepompong, lalu menjadi kupu-kupu"
Untuk tes antonim tidak jauh berbeda dengan tes sinonim, kita hanya tinggal mencari lawan kata saja, selain dengan cara menghafal cara lain adalah dengan sering melatih mengerjakan soal, dan membaca baca artikel sehingga kita teribiasa mengartikan kara.
TIPS ANALOGI
Pada bagian ini agak sedikit berbeda yaa dek, karena kita harus bisa membuat analogi/kata penghubung mengerjakannya,lagi lagi adalah dengan sering berlatih sehingga analogi analogi kita akan muncul dengan sendirinya.
Contoh USM 2016
BAYI : ANAK-ANAK : REMAJA = ...
A. anak : ayah : kakek
B. ulat : kepompong : kupu-kupu
C. malam : siang : pagi
D. besar : sedang : kecil
E. beras : nasi : lontong
Jawaban : kuncinya adalah kita harus merangkai kata yang ada pada soal, dan jawabannya adalah yang beranalogikan sama yaitu analogi perubahan, analoginya " berawal dari bayi lalu menjadi anak-anak kemudian menjadi remaja" .
jawaban yang pas untuk analogi seperti soal adalah pilihan B, "berawal dari ulat menjadi kepompong, lalu menjadi kupu-kupu"
KERTAS : KAYU : DIOLAH = ...
A. buku : pedoman : dokumentasi
B. donat : tepung : dimasak
C. pensil : kertas : dimasak
D. kunci : sakit : pinggang
E. kepala : sakit : pinggang
Jawaban : analogikan seperti soal "proses pengolahan" yaitu "tepung dimasak lalu menjadi donat"
Jika adek adek terbiasa mengerjakan soal2 analogi, otomatis adek-adek akan terbiasa dengan sendirinya, jadi jangan lupa dilatih yaa.
Mungkin itu dulu sedikit pembahasan dari kakak semoga bermanfaat yaa, kalo ada yang kurang jelas silakan isi dikolom komentar yaa. Semoga Sukses...
Nantikan pembahasan ARITMATIK pada postingan Strategi Tes Potensi Akademik (TPA) USM PKN-STAN (Bagian III) .

Leave a Comment